Stase Ilmu Kesehatan Masyarakat (Public Health)

Standard

Oke, lanjut dari stase Jiwa bulan April lalu, gue baru saja menyelesaikan stase gue yang kedua yaitu Ilmu Kesehatan Masyarakat. Stase ini adalah stase yang paling beda dari stase-stase yang lain. Capek hati, capek pikiran, bangkrut pulak, semua udah gue lalui dalam 2 bulan menjalani stase ini. 

Jadi apa aja yang gue pelajari di stase ini?

Pertama, gue dan teman-teman gue diminta untuk membuat satu kelompok untuk tugas jaga di salah satu Puskesmas di Jakarta Timur. Kebetulan, gue dapet Puskemas Ciracas yang notabene emang deket banget rumah gue 😀 Sebulan kami disana, jaga puskesmas bergilir, di bagian Ibu dan Anak, Infeksi Menular Seksual, Poli TBC, Balai Pengobatan, dll. 

Kedua, kelompok gue yang tadi itu, juga harus membuat satu penelitian yang sample nya diambil di Puskesmas Ciracas tempat kita bertugas. Dan setelah diskusi dan perdebatan sengit dalam kelompok (hayahh..), jadilah kita memutuskan judul penelitian kita yaitu “Karakteristik, Pengetahuan, Sikap, dan Praktek Penderita Diare Usia 1-12 Tahun di Puskemas Ciracas Tahun 2012.” Dan ya, akhirnya penelitian kami pun jadi dan udah di ACC. Alhamdulillah 😀

Nah yang ketiga, yang paling seru nih… Puncak dari stase ini adalah PKM atau Pelayanan Kesehatan Masyarakat. Disini, kami diharuskan untuk membuat serangkaian kegiatan dalam rangka bakti sosial atau pelayanan terhadap masyarakat. Semua ide acara, materi, dana, tempat, semua dari buah pemikiran dan kantong kami -___-” Konsep acaranya adalah memberikan Ceramah Ilmiah Populer (CIP) di semua lapisan masyarakat (SD, SMP, SMA, Lapas, Angkatan, Gereja, dan Masjid) dengan puncak acara berupa Pengobatan Gratis di salah satu desa di Bogor, yaitu Desa Pabuaran, Bogor. Namun, bukan hanya CIP saja yang kami hadirkan untuk semua lapisan masyarakat diatas, kami juga menampilkan hiburan-hiburan di acara pembukaan acara PKM ini. Kami sebagai penyuluh dan juga dokter-dokter muda yang bisa menghibur pasien-pasiennya 🙂 Alhamdulillah, walapun ada kendala-kendala disana-sini, kami semua berhasil membuat acara PKM yang diadakan 3 hari ini berjalan dengan baik dan lancar 😀

Yuk coba liat beberapa foto-foto yang gue tangkap… Ga lengkap sih, masih banyak yang lain, tapi belom ada data nya di gue -_-

ImageUpacara Pembukaan yang dihadiri oleh dokter pembimbing, anggota DPRD Bogor, perwakilan dari Polres Bogor dan Kepala Desa.

 

ImageAntusiasme warga Desa Pabuaran Bogor dalam menghadiri Acara Pembukaan PKM FK UKI.

 

ImageTim Penari PAPUA beraksi!! (gue paling kiri :P)

 

ImageBukan hanya tari PAPUA, tapi ada tari PIRING juga 😀 (gue kanan)

 

Nah gimana? Seru ya kayanya? hehee.. Mungkin kalo semua fotonya udah ada di gue, gue share deh disini.. 

Oke saatnya terbang ke Semarang… Stase Forensik, here I come!! Tunggu cerita yang menarik dan seru di stase Forensik 😀

Cus!

Leave a Reply

